Thursday 12 May 2016

I. Arti Penting Sebatang Pohon Gaharu, Bagi kehidupan umat manusia !

Salaam Gaharu...

Pohon gaharu merupakan tanaman langka yang sudah dimasukan kedalam daftar afendik cities II, menjadi tanaman/pohon kayu yang dilindungi oleh dunia international. Untuk itulah kelompok tani gubal gaharu indonesia terus melakukan pembudidayaan terhadap pohon langka ini agar keberadaannya di alam tropis tetap terjaga dan berkembang. Sehingga tetap bisa diambil manfaatnya oleh segenap umat manusia di muka bumi ini.

Pohon gaharu memiliki banyak nama , lain daerah bisa jadi berbeda dalam hal penyebutannya. Ada yang menyebut dengan nama Gaharu, Karas, Alim, Jin Khoh, Kynam, Agarwood, oudh dan lain-lain. 

Pohon gaharu bisa tumbuh dengan baik di cuaca tropis, dan sangatlah beruntung kita bangsa indonesia yang berada pada garis lintang khatulistiwa yang memiliki iklim tropis, sehingga sangatlah tepat bila pembudidayaan di negeri ini dikembangkan secara maximal & kontinue.


Pohon gaharu memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari daunnya, batang kayu yang berisi resin gaharu, akar, kulit. Hampir semua bagian dari pohon gaharu membawa/memberikan manfaat bagi kehidupan umat manusia.
PERLU DI KETAHUI, bahwa penggunaan gaharu / agarwood sudah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu. Sehingga tidaklah heran bila semua penganut agama besar di dunia menggunakan resin gaharu di dalam berbagai kegiatan agama, maupun kegiatan ke sehariannya.

Agama budha, Hindu, Islam, Kristen, Katolik, Kristen, semua mereka menggunakan gaharu. dan hal ini tertuang/tertulis di dalam kitab kitab suci mereka, bahkan orang atheis pun menggunakan resin gaharu di dalam pemujaan pemujaan yang mereka lakukan. (tentang detail kegiatan ini akan saya tuliskan pada blog ini di hari-hari mendatang).

Di bidang kesehatan & farmasi, resin gaharu juga memiliki arti yang tidak kalah pentingnya.
Lihatlah daun gaharu yang bisa di jadikan anti oksidan bagi tubuh manusia, begitu pun dengan kulit batang pohon ini, terlebih lagi kandungan resin gaharu yang ada pada bagian daging kayu yang bisa di temui pada bagian batang pohon, akar, cabang dan bagian lain pada pohon gaharu. Terkadang keberadaan posisi resin ini tidak bisa di duga oleh penglihatan mata telanjang manusia.

Resin gaharu yang terkandung pada sebatang pohon gaharu memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi, bisa berharga hingga ratusan juta rupiah (khusus untuk resin gaharu yang memiliki grade mutu tingkat tinggi). Namun tidak semua pohon bisa menghasilkan nya.



Untuk mengenal lebih jauh tentang gaharu atau agarwood, nantikan tulisan - tulisan saya pada blogger ini.

Untuk product yang telah kami hadirkan silakan kunjungan toko online kami, clik di sini untuk meninjau product yang ada....!!!

Salaam,

Glone Muhammad.




No comments:

Post a Comment