Monday 30 May 2016

II. Pola Tanam Pohon Gaharu, Agar Didapat Panen Tiada Berhenti


 

MENANAM POHON GAHARU

"Agar Bisa Panen Secara Terus Menerus Mulai Tahun Ke 10"

Menjadi suatu keinginan petani gaharu untuk mendapatkan hasil panen yang terjadi secara terus menerus, tiada henti. Apakah hal ini memungkinkan untuk di dapatkan didalam pembudidayaan pohon gaharu ?....
Sebagai mana kita ketahui pohon gaharu bukanlah sejenis pohon buah-buahan, namun merupakan sejenis pohon kayu yang menghasilkan resin (kayu beraroma wangi bila dibakar). Resin bisa  terbentuk secara alami di alam bebas dan di beri perlakuan khusus pada tanaman budidaya.


Untuk memulai penanaman pohon gaharu terlebih dahulu kita tentukan jumlah pohon yang akan kita tanam dan disesuaikan dengan luas lahan yang tersedia. sebagai contoh saya sajikan 3 jenis ukuran jarak tanam yang bisa anda gunakan.
  1. Ukuran tanam CUSTOM, digunakan apabila anda menanam pohon gaharu sebagai pohon sisipan yang ditanam pada lahan yang di dalamnya sudah di tanam pohon jenis lain, misal anda akan menanam gaharu pada lahan yang sudah di tanam sawit atau karet. Pada kondisi seperti ini kita tidak bisa menentukan jarak tanam secara permanen dan sama untuk penanaman pohon gaharu, namun kita harus mencari posisi tertentu di antara pepohonan yang sudah ada, dengan memperhatikan lindungan, intensitas cahaya matahari dan kondisi tanah. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar pertumbuhan pohon gaharu yang anda sisipkan dapat tumbuh dan berkembang secara normal.
  2. Pola Tanam Monokultur, artinya ukuran penanaman di seragamkan untuk semua penanaman pada letak lahan/lokasi kebun yang sama. secara umum dapat diterapkan 2 jenis ukuran tanam yaitu, ukuran tanam 3m x 3m atau 5m x 5m. kedua ukuran ini bisa anda gunakan salah satunya dengan memperhatikan rencana pemekaran atau pengembangan dahan pohon. Apabila anda inginkan cabang pohon dikembangkan sehingga nantinya dapat di inokulasi sehingga anda juga mendapatkan panen resin dari bagian batang pohon, untuk model ini bisa anda gunakan ukuran tanam 5m x 5m. SEBALIKNYA, bila jumlah penanaman ingin anda perbanyak pada ukuran lahan yang sama. dan penanaman dengan ukuran tanam 3m x 3m ini kecil kemungkinan anda untuk memdapatkan hasil panen dari dahan yang ada.
Setelah menetapkan ukuran tanam pohon gaharu, maka selanjutnya bisa kita hitungkan berapa jumlah pohon bisa kita tanam dengan mengetahui luas area yang akan kita dengan perbandingan sebagai berikut :

1  : 10, Untuk Jarak Tanam 3 x 3

1 : 20, Untuk Jarak Tanam 5 x 5

Jika di ketahui luas area yang akan di tanam = 1.000 m2, maka bisa ditanam :
UNTUK JARAK TANAM 3 x 3 = 1.000 : 10  = 100 BATANG POHON GAHARU.
UNTUK JARAK TANAM 5 x 5 = 1.000 : 20  =   50 BATANG POHON GAHARU.

Demikian secara sederhana untuk menentukan jumlah kebutuhan bibit berdasarkan luasan lahan yang tersedia.

Selanjutnya kita akan membuat pola waktu tanam , agar di dapat panen secara terus menerus mulai tahun ke 10 dan seterusnya .

click disini untuk informasi selanjutnya !








No comments:

Post a Comment