Monday 30 May 2016

II. Panen Setiap Tahun, Sejak Usia Tanam 10 Tahun

PANEN SETIAP TAHUN, mau ?...

UNTUK SIAPA KITA MENANAM     ?  ......

Semua dari kita tentunya menyadari dengan sepenuhnya, bahwa apa yang kita lakukan saat ini tidak lain tidak bukan adalah demi kelansungan hidup generasi mendatang, anak cucu keturunan. Sebuah generasi yang akan melanjutkan penjagaan akan alam semesta ini agar tetap lestari dan tercukupinya kebutuhana Oksigen untuk mempertahankan kehidupan dibumi, hingga KIAMAT datang menjemput, WALLAH HU ALAM.

Kembali kepada teori penanaman agar dapat dilakukan panen gaharu secara terus menerus setiap tahunnya, sejak masa/usia tanam 10 tahun pertama. 
Teori ini sederhana saja mudah untuk dlakukan sepanjang adanya komitment terus menerus dari setiap lapisan generasi, Orang Tua, Anak, Cucu, Cicit, Canggah ....... dan seterus dari setiap generasi menjaga pola ini, inshaa Allah  .... panen setiap tahun di per oleh dan oksigen yang tersedia di alam akan tetap tersedia dengan baik.


Sebagai contoh penanaman kita ambil sample dengan luasan lahan 1.000 m2, yang bisa ditanam dengan jumlah 100 batang pohon gaharu. Mari kita lihat perlakuan secara umum yang dapat di kerjakan oleh pelaku pembudidaya pohon gaharu :
  1. TAHUN ke 1, Melakukan penanaman pohon gaharu sejumlah 100 batang pada luasan lahan 1.000 m2. dengan jarak tanam 3 x 3.
  2. Disarankan untuk melakukan pemasangan sogol pada pangkal batang pohon gaharu sebelum di tanam. (SOGOL  adalah cikal bakal bakteri untuk pembentukan resin pada akar pohon gaharu).
  3. TAHUN ke 2 s.d tahun ke 3, Dilakukan perawatan rutin berupa pemupukan dan pembersihan di sekitar batang pohon, sehingga di akhir tahun ke tiga usia tanam pohon gaharu sudah tumbuh dengan normal dan memiliki ukuran pangkal batang minimal 5 cm dan tinggi pohon dari tanah hingga pucuk minimal memiliki tinggi, 2,5 m. dan berdaun rimbun.
  4. Awal usia tanam 4 tahun , dilakukan inokulasi bertahap dengan menggunakan kapsul inokulan super 8i9 sebanyak 1 buah kapsul dengan jarak pemasangan 5 s.d 10 cm dari tanah. Dan untuk selanjutnya pemasangan kapsul dilanjutkan 6 bulan 1 x , naik ke atas sejauh 25 cm s.d 35 cm. begitu seterusnya kita lakukan hingga pohon berusia 8 tahun. 
  5. Tahun ke 8 s.d 10, merupakan masa persiapan untuk panen. selama 2 tahun, serta mematangkan proses inokulasi yang sudah terjadi pada batang, dahan, akar. serta cek secara keseluruhan bila mana ada bagian yang terlewatkan dalam proses inokulasi untuk di perbaiki , agar di dapat hasil yang maksimal di tahun ke 10  ini.
  6. TAHUN ke 10, Masa panen telah tiba, PANEN DILAKUKAN SENDIRI ATAU POHON GAHARU DI JUAL SECARA BORONGAN PER BATANG PADA PEMBELI, pilihan di tangan anda !. 
  7. Panen pada tahun ke 10 dilakukan sebanyak 10% dari jumlah penanaman, artinya bila anda menanam 100 batang pohon gaharu, maka saat ini anda panen sebanyak 10 batang pohon gaharu.
  8. Setelah panen dilakukan, segera lakukan kembali penanaman sejumlah banyak nya batang pohon yang anda panen pada point ke 6.
  9. LAKUKAN PROSEDUR POINT 1 s.d 7 SECARA BERKELANJUTAN, MAKA PANEN TERUS MENERUS ANDA PEROLEH SETIAP TAHUNNYA TANPA HENTI. SELAMAT MENJALANKAN USAHA SAMPINGAN ANDA DI DALAM BUDIDAYA POHON GAHARU.

Go Planting Agarwood & Stop Global Warming !

by Glone Muhammad
wa/hp. +62 853 555 289 86




No comments:

Post a Comment